Blog

SENGATAN LEBAH

by in Life style Februari 8, 2018

Pada seseorang yang terkena sengatan tawon atau lebah bisa saja memiliki reaksi alergi lokal, seperti kemerahan dan pembengkakan. Namun, ada juga orang yang langsung mengalami gejala seperti syok anafilaksis (suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian) begitu tersengat lebah atau tawon.

Lebah sangat berhati-hati saat menggunakan sengatan dan hanya melakukan sengatan jika benar-benar merasa sangat terancam, karena pada umumnya setelah mengeluarkan sengatan lebah akan mati.

Sengatan lebah atau tawon cenderung lebih menakutkan karena serangga ini bisa menyerang lebih dari satu kali, sehingga harus segera dihindari dan yang tak kalah bahayanya jarum sengatan dari lebah yg tertancap pada tubuh bisa masuk melalui aliran darah dan mengenai jantung. Jadi sangat disarankan untuk mengeluarkan jarum sengatan yang masih menempel pada kulit, misal saja Anda dapat menggunakan dengan cara menggeseknya keluar dengan tepi kartu ATM, namun tidak dianjurkan menjepit dengan pinset, karena dikhawatirkan racun lebah bisa tertekan dan keluar dalam tubuh Anda.

Penanganan yang tepat ketika terkena serangan lebah bisa menyelamatkan diri anda dari bahaya fatal.

Namun perlunya penanganan yang lebih lanjut pada seseorang yang memiliki gejala berikut setelah tersengat :

  • sulit bernafas
  • muntah mual atau diare
  • pingsan dan pusing
  • bengkak pada wajah atau mulut
  • susah menelan

Sesegeralah dibawa ke Rumah sakit atau dokter terdekat jika menemui gejala tersebut pada penderita yang tersengat lebah.

Berbeda halnya pada jenis lebah liar yang terdapat seperti pada pohon tualang yang letaknya jauh dari pemukiman warga karena lebah jenis ini umumnya hanya berada di kawasan hutan liar yang sangat jarang sekali terjamah oleh manusia. Jenis lebah liar ini tidak akan mati setelah menyengat dan efek dari racun yang ditimbulkannya pun sangat berbahaya sekali hingga bisa menyebabkan kematian seseorang jika tersengat jenis lebah liar ini.

Lebah jenis Apis Dorsata penghasil madu murni terbaik yang terdapat pada Andaru Wild Forest, lebah jenis ini umumnya hanya terletak di tengah hutan liar pada pohon tualang pada ketinggian 40-100 meter dari permukaan tanah. Hingga saat ini belum ada yang bisa membudidayakan lebah liar jenis Apis Dorsata ini.

Bisa dipastikan bila Anda tersengat jenis lebah liar ini keselamatan diri anda pastinya sangat terancam.

Itulah sedikit informasi tentang sengatan lebah.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    MITRA TERDEKAT