Blog

MADU ORGANIK

by in Life style Februari 5, 2018

Madu organik adalah salah satu bahan herbal alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, selain memiliki rasa yang manis madu organik ini juga memiliki banyak sekali akan manfaat serta fakta kandungan gizi yang tak terbantahkan di dalamnya. Kandungan gizi itulah yang sangat berperan penting bagi tubuh.

Banyak fakta menarik dari khasiat madu organik seperti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung, untuk menurunkan berat badan, membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan stamina, sebagai perawatan kesehatan kulit,meningkatkan daya ingat seseorang dan lain-lain.

Namun tahukah Anda bahwa seiring perkembangannya madu yang beredar dipasaran banyak sekali variant dan berbagai merk madu pun kini semakin mudah kita jumpai dipasaran.

Perbedaan madu organik dan madu yang beredar dipasaran bisa kita perhatikan dari segi tekstur, kekentalan, warna, rasa dan bahkan kemasannya itu sendiri. Biasanya madu organik atau madu murni selalu dikemas dengan botol PET atau kemasan dari bahan yang sedikit lebih tebal dari kemasan madu dipasaran, ini gunanya untuk meminimalisir kerusakan kemasan karena madu organik cenderung mengeluarkan gas yang dinamakan enzim yang kandungan tersebut tidak akan bisa kita temukan pada jenis madu yang ada dipasaran.

Kandungan zat yang terkandung pada madu organik seperti berikut:

[toggle title=”Asam amonia”]Khasiat : Pembentuk protein[/toggle]

[toggle title=”Asam lemak”]Khasiat : Sebagai vitamin yang berfungsi membantu penyerapan pada saluran lambung[/toggle]

[toggle title=”Kalsium dan fosfor”]Khasiat : Membantu pembentukan dan penguatan tulang dan gigi[/toggle]

[toggle title=”Potasium, sodium dan kalsium”]Khasiat : Membantu dalam mengatur gerakan saraf dan otot[/toggle]

[toggle title=”Zat besi”]Khasiat : Berperan dalam pembentukan hemoglobin darah[/toggle]

[toggle title=”Enzim amilase”]Khasiat : Merombak pati menjadi glukosa[/toggle]

[toggle title=”Enzim lizozim”]Khasiat : Memecah dinding bakteri[/toggle]

Spesifikasi madu organik umumnya kurang lebih sebagai berikut:

Madu organik biasanya tidak jernih betul, melainkan mengandung sedikit gula ketika diterawang ke cahaya. Jika Anda memperhatikan madu dengan seksama, Anda akan temui butiran-butiran kecil.

Butiran ini terdiri dari serbuk sari, serpihan lilin, atau koloid. Semua zat tersebut menambah nilai gizi dari madu dan tidak seharusnya dibuang dari madu. Sementara itu, jika Anda melihat madu yang terang dan tembus pandang maka Anda patut berhati-hati dan waspada akan keasliannya.

Untuk memeriksa apakah madu telah dipisahkan dari zat-zat tersebut atau belum, ada satu trik yang dapat dilakukan. Ambil sedikit madu kemudian campurkan dengan air dalam jumlah yang sama. Lalu, letakan ke dalam tabung kaca dan diamkan sepanjang malam. Hasilnya, madu yang tidak disaring akan memperlihatkan zat-zat yang mengendap di dasar tabung, sementara madu yang sudah disaring tidak memperlihatkan sama sekali endapan.

Sebagian peternak lebah kadangkala mengalami kesulitan untuk menjual madu yang gelap warnanya. Sebagian dari mereka melakukan siasat dengan membiarkan madu selama beberapa lama hingga mengkristal agar warna gelapnya berkurang.

Itulah beberapa informasi tentang Madu Organik, semoga bermanfaat.

“Manis gula tak semanis madu
Jadikan madu campuran jamu
Bila engkau ingin mengadu
Jadikan Allah sebagai tujuanmu”.

Salam Sehat,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    MITRA TERDEKAT