Blog

POHON TUALANG KERAJAAN LEBAH APIS DORSATA PENGHASIL MADU TERBAIK!

by in Life style Januari 26, 2018

Pohon Tualang atau biasa disebut Sialang/Pohon Kempas/Kayu Raja adalah jenis pohon raksasa yang besar dan tinggi, garis tengah batang pohonnya bisa mencapai 100 cm atau lebih dan tingginya bisa mencapai 40 sampai 100 meter.

Usia pohon ini mencapai 85 tahun dan dikenal sebagai pohon yang kuat, keras, dan berat.

Keberadaan pohon ini mengundang lebah-lebah untuk membangun sarangnya di dahan-dahan pohon. Satu pohon Tualang bisa berisi 30-200 koloni sarang, dimana tiap sarang bisa berisi lebih sampai 10 kilogram madu asli alamiah, bahkan mampu memproduksi ratusan kilogram madu lebah pohon Tualang.

Kelestarian pohon-pohon tersebut tetap terpelihara sebagai tempat bersarangnya kelompok lebah yang menghasilkan madu sekaligus sebagai salah satu sumber penghasilan masyarakat desa sekitar hutan, seperti hutan Sumatera & Kalimantan.

Dengan kelestarian alam dan mengingat jarak tempuh yang sulit terjamah oleh manusia karena hanya beberapa sebagian saja dari masyarakat disana yang bisa mengakses tempat keberadaan pohon ini maka hasil yang didapat pada kandungan madu alami pun menjadikannya terbaik dari semua jenis madu pada umumnya.

Salah satu jenis madu liar dari pohon tualang ini berjenis Raw Honey, kemurnian dan kualitas madu liar ini tanpa melalui proses produksi bahkan dikemas langsung dari sarangnya.

Pengambilan madu dari lebah pada pohon tualang juga lebih sulit meskipun dapat dilakukan pada siang ataupun malam hari, contohnya saja kita bisa membayangkan dari jarak ketinggian 50 meter dari permukaan tanah saja cukup sulit bagi orang awam pada umumnya untuk meraih sarang dari ketinggian tersebut, alhasil diperlukan keahlian dan mental khusus untuk mengambil madu dari pohon tualang ini, belum lagi sengatan dan bahaya hewan-hewan liar yang bisa menggangu kapan saja dan lain sebagainya.

[tabs][tab title=”Dilansir dari Ensiklopedia Britania cetakan tahun 1993 menyebutkan seputar sengatan lebah madu :”]“Biasanya saat menyengat, jarum sengat akan terlepas dari lebah. Jarum tersebut mengandung racun lebah. Sementara itu otot-otot akan mendororng racun tersebut masuk kedalam jaringan tubuh dalam hitungan beberapa menit saja. Dengan demikian, kadar racun yang tersuntikan terus bertambah. Untuk melindungi hal tersebut, jarum sengat harus segera dicabut…”[/tab][/tabs]

Jadi bisa dibayangkan kendala resiko pemanjat sangatlah banyak hingga menyulitkan saat berada diatas ketinggian pohon tersebut.

Beruntunglah kita sebagai konsumen tanpa harus bersusah payah terlebih dahulu namun tetap dapat menikmati madu asli yang kita peroleh dari tangan-tangan orang-orang hebat yang menyuguhkan madu sampai ke tangan kita.

Dan semoga hutan kita tetap terjaga kelestariannya dengan pohon-pohon yang subur sehingga dapat terus menghasilkan madu-madu liar terbaik seperti Raw Honey pada kemasan produk Andaru Wild Forest.

Salam Sehat,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    MITRA TERDEKAT