Blog

HMF INDIKATOR KEMURNIAN MADU

by in Life style Mei 25, 2018

HMF atau kepanjangan dari Hydroxy Methyl Furfuraldehyde digunakan sebagai indikator perubahan karena pemanasan dan penyimpanan pada madu.

HMF pada madu terjadi secara alami dan kadarnya pada umumnya akan meningkat karena disebabkan proses pemanasan pada madu. Kadar HMF pada madu murni bisa meningkat seiring dengan suhu yang tinggi di luar ruangan penyimpanan madu akan tetapi tidak meningkat secara sigifikan dan yang pasti kadar HMF tidak melebihi persyaratan standar HMF.

Apakah nilai HMF pada madu merupakan sesuatu yang merugikan?

Tentu tidak, beberapa jenis gula memiliki nilai HMF 10  sampai 100 kali bila dibandingkan dengan madu. Bahkan kadar dengan nilai HMF diatas 100 hingga 1.000 mg/kg pun terdapat pada minuman berkadar fruktosa tinggi seperti terdapat pada minuman bersoda.

Tingginya kadar HMF pada madu mengindikasikan tingkat pemanasan berlebih selama pada proses ektraksi atau pasteurisasi. Pada beberapa negara menetapkan standarisasi kadar maksimal HMF pada madu dengan nilai 40mg/kg dan tidak boleh lebih dari nilai 50mg/kg untuk madu yang berada di daerah tropis.

Penyimpanan adalah salah satu faktor penentu nilai HMF madu. Pada kondisi ruangan yang panas maka akan memberi pengaruh tingginya nilai HMF dan sebaliknya akan didapat madu dengan nilai HMF yang rendah oleh pengaruh ruangan yang dingin.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    MITRA TERDEKAT