Blog

ENZIM MADU HILANG DI UDARA

by in Life style April 6, 2018

Enzim merupakan salah satu kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan zat ini juga terdapat dalam madu. Tidak semua jenis madu mengandung enzim karena madu yang dikemas dengan proses pemanasan menghilangkan zat enzim yang terkandung dalam madu itu sendiri. Hanya madu murni lah yang dikemas dengan tidak melewati proses pemanasan yang masih mengandung zat enzim yang baik bagi kesehatan tubuh.

Enzim pada madu mengandung senyawa gas yang apabila cairan madu disimpan pada ruangan terbuka maka madu tersebut akan menyerap oksigen yang menjadikan kekentalan madu tersebut menjadi berkurang sehingga kandungan air dari proses penyerapan oksigen tadi oleh madu mengurangi tingkat kekentalan madu tersebut. Sehingga hal ini juga mengundang opini beberapa orang tentang informasi yang simpang-siur mengenai mengetes keaslian madu murni terhadap ketertarikan semut untuk mendekatinya. Faktanya, semut pada hakekatnya memang menyukai bahan makanan yang berasa manis dan karena rasa manis yang dimiliki madu sehingga semut pun bisa mengkonsumsinya, namun jika Anda perhatikan dengan jelas sesaat setelah madu itu didiamkan pada tempat yang terbuka tidak ada semut yang mendekatinya, hal ini dikarenakan madu murni yang masih mengandung zat enzim yang mengeluarkan gas tadi dapat memberi efek ketidaktertarikan semut terhadap madu murni tersebut dan yang lebihnya lagi gas tersebut dapat membunuh semut itu sendiri. Kandungan enzim yang mengeluarkan gas dalam madu jika terus menerus didiamkan dalam ruangan yang terbuka maka gas tersebut perlahan akan menghilang sehingga dalam beberapa lama bila gas tersebut sudah tidak dihasilkan lagi oleh madu tadi maka semut bisa mengkonsumsi dengan leluasa. Hal ini pula yang menjadi fakta kenapa sarang yang dibangun oleh lebah tidak pernah diganggu bahkan manisnya madu tidak menarik perhatian semut sama sekali dikarenakan kandungan gas yang berada pada sekitar sarang yang membuat semut menghindarinya.

Dalam satu tetes madu murni dibutuhkan kurang lebih sekitar 1 jam untuk membuat madu tersebut kehabisan gas yang dihasilkan oleh enzim yang terkandung dalam madu.

Jadi, jika Anda ingin mencoba membandingkan mana madu murni dengan madu yang sudah melewati proses pemanasan (madu yang tidak lagi murni) silahkan merujuk pada informasi diatas.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Sukses,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    MITRA TERDEKAT