Blog

TES SEHAT DARI LIDAH

by in Life style Februari 23, 2018

Lidah adalah salah satu dari lima panca indra yang berfungsi sebagai perasa. Indera yang berfungsi untuk merasakan rangsangan rasa dari benda-benda yang masuk ke dalam mulut kita. Lidah dapat merespon berbagai jenis dan macam rasa seperti rasa manis, rasa pahit, rasa asam dan rasa asin. Kita dapat menikmati makanan dan minuman karena adanya indra pengecap ini. Bagian lidah yang depan berguna untuk merasakan rasa asin, bagian yang sebelah samping untuk rasa asam, bagian tepi depan berfungsi untuk merasakan rasa manis dan bagian lidah yang belakang untuk rasa pahit.

Bakteri di dalam mulut berlabuh di permukaan lidah. Oleh karena itu, lidah perlu diberi perawatan secara teratur dengan cara yang benar. Lidah harusnya senantiasa dibersihkan menggunakan kain yang lembut.

Penting bagi Anda untuk menganalisa warna yang terdapat pada lidah, karena warna lidah yang sehat akan terlihat berbeda dibanding saat tubuh Anda sedang kurang sehat, berikut rinciannya:

  • Lidah berwarna putih

Lidah yang berwarna putih mengidentifikasikan tubuh Anda kekurangan darah. Masalah lain yang diderita pemiliki lidah warna putih adalah typus, influenza, dan beberapa masalah yang berkaitan dengan pencernaan seseorang.

  • Lidah berwarna merah

Lidah yang berwarna merah menandakan bahwa Anda sedang mengalami demam dengan suhu tinggi. Apabila warna merah pada lidah disertai dengan bintik merah, ada kemungkinan tubuh Anda mengalami gangguan liver.

  • Lidah berwarna kuning

Warna kuning pada lidah bukan pertanda mutlak dari penyakit yang diderita. Namun, sebagian besar orang yang memiliki warna kuning pada lidah merupakan pecandu rokok kelas berat dan Anda pecinta makanan pedas juga akan memiliki lidah yang berwarna kuning.

  • Lidah berwarna ungu

Warna ungu pada lidah bisa menjadi suatu pertanda bahwa peredaran darah d dalam tubuh seseorang kurang lancar. Selain itu, warna ungu juga dapat menjadi pertanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami demam. Pada beberapa kasus, selain berwarna merah lidah orang demam dapat berwarna ungu.

Bagaimana cara untuk mendapat tubuh yang sehat dengan kebersihan lidah juga tentunya?

Selain dengan rajin menggosok gigi secara teratur sebanyak dua hingga tiga kali sehari Anda juga bisa melakukan untuk membersihkan lidah dengan menggosok secara perlahan dengan kepala sikat gigi Anda atau menggunakan scrub khusus. Dengan berkumur sehingga kebersihan mulut Anda juga terjaga atau dengan mengkonsumsi yogurt supaya dapat mencegah jamur tumbuh di lidah dan Anda juga bisa menggunakan cairan Madu Murni yang selain berguna untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh madu juga dapat berfungsi membersihkan mulut dan lidah Anda. Pastikan Anda menggunakan cairan Madu Murni, karena madu yang beredar dipasaran saat ini banyak yang melalui pengolahan terlebih dahulu sehingga khasiatnya bagi tubuh, mulut dan lidah Anda tidak sebanding khasiatnya dengan madu murni.

Peran kesehatan adalah faktor terpenting dalam penunjang kehidupan Anda. Maka dari itu jagalah kesehatan Anda.

Salam Sehat,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *