Blog

YUK KENALI APA ITU APIS DORSATA DAN RAW HONEY

by in Life style Januari 31, 2018

Apis Dorsata

Apis dorsata atau dikenal sebagai Lebah madu raksasa merupakan lebah madu yang berhabitat di hutan tropis dan subtropis, membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan pohon, langit-langit terbuka dan tebing jurang bebatuan, karena itu sampai sekarang para ilmuwan belum berhasil membudidayakan Apis dorsata dalam bentuk tertutup. Sisiran sarang bisa mencapai lebih dari 2 x 1 meter dengan estimasi hasil bisa lebih dari 20 kg/sarang.

Spesies ini berkembang hanya di kawasan sub-tropis dan tropis Asia, seperti Indonesia, Filipina, India, Nepal, dan tidak tersebar di luar Asia. Di Indonesia masih banyak ditemukan di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Nusa Tenggara. Di pulau Jawa lebah ini sudah jarang ditemukan. Ada beberapa nama daerah bagi lebah ini di Indonesia, yaitu manye/muanyi (Dayak), Gong (Jawa), Odéng (Sunda), labah gadang, labah gantuang, labah kabau, labah jawi (Minangkabau) dan Harinuan (Batak).

Bentuknya setengah lingkaran besar, dari jauh tampak berwarna hitam kecoklatan, menempel di cabang-cabang pohon yang tinggi, sesekali tampak bergoyang-goyang ditiup angin. Ya…itu adalah sarang lebah madu. Lebah madu memang suka bersarang di pohon-pohon. Lebah madu ini berbeda dengan lebah madu yang sering ditemui dan dipelihara di peternakan lebah umumnya. Ini adalah lebah madu hutan, yang berukuran besar dan liar. Sampai saat ini belum ada informasi yang menyatakan bahwa lebah ini dapat diternakkan.

Lebah termasuk ke dalam Ordo Hymenoptera (serangga bersayap jala), nama kelompok familinya adalah Apidae, dan nama jenisnya adalah Apis dorsata.

Lebah merupakan serangga sosial seperti semut dan rayap, artinya hidup berkelompok, dengan jumlah individu yang sangat banyak, dan membuat sarang. Di dalam sarang terdapat seekor ratu (queen) yang berjenis kelamin betina, ratusan ribu lebah pekerja betina (workers), dan ratusan lebah pejantan (drones).

Dalam satu koloni, ratu dapat dikenali dengan mudah karena ukurannya paling besar di antara individu-individu lainnya. Sang ratu tugasnya kawin kemudian bertelur di dalam sarang. Pekerja yang jumlahnya sangat banyak tugasnya membersihkan sarang, memberi makanan lebah, mencari makan dan menjaga sarang dari gangguan hewan pemangsa. Lebah jantan tugasnya hanya mengawini ratu dan makan saja di dalam sarang. Lebah jantan akan diusir dari sarang oleh lebah pekerja setelah mengawini lebah ratu.

Beberapa orang menyebut lebah ini dengan sebutan lebah madu raksasa, ada juga yang menyebutnya dengan lebah madu hutan. Lebah ini memang berukuran paling besar di antara jenis lebah madu yang lain seperti Apis mellifera, Apis cerana, Apis andreniformis dll. Ukurannya sekitar 2x lipat ukuran lebah madu yang biasa diternakkan.

Pohon-pohon dan tebing-tebing batu yang sangat tinggi menjadi pilihannya untuk membangun sebuah sarang. Sarang yang dibangun hanya satu sisir (single comb). Tidak seperti lebah madu lainnya yang membangun sarang dengan banyak sisir (combs). Sering ditemukan sarang berada pada ketinggian sekitar 20-30 m di atas permukaan tanah menggantung di cabang pohon atau menempel di tebing batu. Apabila didekati ukuran sarang sangat besar sekali. Diameter sarang bisa mencapai 0.5 – 2 m, sedangkan panjangnya sekitar 0.5 – 1 m.

Meskipun sering ditemukan bersarang di pohon-pohon yang tinggi, ada juga pencari madu yang menemukan lebah ini bersarang pada pohon-pohon rendah, bahkan sarangnya sampai akan menyentuh tanah. Kalaupun ditemukan di pohon-pohon rendah sarang terletak agak tersembunyi di antara semak-semak yang tumbuh tinggi. Pada saat musim hujan, lebah ini banyak ditemukan di hutan, alasannya karena pohon-pohon di hutan umumnya berbunga pada saat musim hujan. Sedangkan pada saat musim kemarau lebah ini sering ditemukan bersarang di pohon-pohon yang berada di dekat perkampungan, karena pohon-pohon yang umum ditemukan di perkampungan berbunga terus-menerus… (wikipedia)

Maka tidak mengherankan mengapa hanya dari jenis lebah Apis Dorsata ini penghasil Raw Honey (Madu Murni). Karena dengan memperhatikan lokasi sarang yang jauh bahkan sulit dijangkau ditambah kelestarian hutan yang jauh dari polusi sehingga sangat bisa disimpulkan minimnya bakteri dan hal-hal lainnya yang dapat berpotensi mengganggu kesehatan jika kita konsumsi. Asalkan pengemasan saat produksi tidak melibatkan alat-alat yang berpotensi mengganggu kemurniaanya madu dari hasil lebah jenis ini keasliannya akan tetap utuh dan dapat kita konsumsi dengan baik dan bermanfaat lebih baik bagi kesehatan tubuh kita.

Raw Honey

Beberapa orang percaya bahwa madu mentah lebih baik daripada madu yang dipasteurisasi yang dijual dengan botol pemeras plastik berbentuk wadah di supermarket yang tidak memiliki manfaat kesehatan dan cita rasa madu mentah yang mendung-sebaiknya dengan potongan madu yang besar, dan bahkan mungkin fragmen sayap lebat rusak. , mengambang di dalamnya. Ternyata, mengandung ragi penting, antioksidan , dan enzim (diduga bertanggung jawab untuk mengaktifkan vitamin dan mineral dalam tubuh), yang telah dihancurkan oleh pasteurisasi. Bisa juga ternyata menyembuhkan alergi dan menyembuhkan luka kulit sekaligus menjadi aplikasi kosmetik.

Madu mentah disebut-sebut oleh promotor diet basa. Menurut satu klaim, menjadi basa dalam sistem pencernaan yang mirip dengan buah-buahan karena buah memiliki bahan yang serupa dengan madu mentah. Karena tidak berfermentasi di perut, bisa digunakan untuk menangkal gangguan pencernaan asam dan memiliki amilase enzim terkonsentrasi pada serbuk sari bunga yang membantu pati yang paling tua seperti roti. Bagi yang ingat pernah menonton The Magic School Bus , apalagi mulut manusia kaya enzim amilase, ditemukan di air liur, dan mulut juga merupakan titik awal pencernaan, bukan perut seperti yang diklaim. Mulut sudah melakukan tugas predigestion( Pencernaan terlalu cepat dilakukan; pencernaan tergesa-gesa), jadi kecuali ada defisiensi amilase, enzim yang disebut-sebut tidak ada gunanya. Akhirnya, klaim “tidak berfermentasi di perut” mengasumsikan bahwa makanan fermentasi di tempat pertama di perut. Tidak, karena perut memiliki pH sangat rendah dan memungkinkan bakteri sangat sedikit untuk menjalani proses ini. Hampir tidak ada fermentasi di perut dan pada saat makanan mencapai tempat di mana bakteri memerintah tertinggi (usus besar), sebagian besar nutrisi sudah diserap.

Madu mentah juga dipromosikan dalam kosmetik “alami” dan juga tidak mengejutkan disebut-sebut sebagai obat. Menurut NaturalNews, itu bisa dijadikan obat untuk semuanya. Dari kutipan di bawah ini, madu mentah sepertinya obat ajaib…(rationalwiki)

Jadi dapat di simpulkan bahwa mengkonsumsi Raw Honey (Madu Asli) dari hasil lebah jenis Apis Dorsata ini sangat baik manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja asalkan benar-benar tanpa pengolahan dan di kemas langsung dari sarangnya bahkan kandungan yang bermanfaat lainnya pun tentu lebih baik dari jenis madu ternak pada umumya yang beredar dipasaran saat ini.

Anda dapat menemukan jenis madu ini seperti pada produk Andaru Wild Forest yang asli kemurniaannya tanpa pengolahan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya…

Salam Sehat,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    MITRA TERDEKAT