Blog

KEMISKINAN MENJADI SALAH SATU PENYEBAB SULIT HIDUP SEHAT, NAMUN BENARKAH DEMIKIAN?

by in Life style Januari 29, 2018

Kemiskinan saat ini memang merupakan suatu kendala dalam masyarakat ataupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Kemiskinan menjadi masalah sosial karena ketika kemiskinan mulai merabah atau bertambah banyak maka angka kriminalitas yang ada akan meningkat. Banyak orang saat ini menerjemahkan kemiskinan sebagai pangkal penyebab masalah sosial dan ekonomi.Kini kemiskinan menjadi masalah sosial ketika stratifikasi (perbedaan penduduk / masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat ) dalam masyarakat sudah menciptakan tingkatan atau garis-garis pembatas. Sehingga adanya kejanggalan atau batas pemisah dalam interaksi atau komunikasi antara orang yang berada di tingkatan yang dibawah dan di atasnya.

Kemiskinan juga sangat berpengaruh terhadap lingkungan hidup yang akhirnya akan merusak lingkungan itu sendiri. Penduduk miskin yang terdesak akan mencari lahan-lahan kritis atau lahan-lahan konservasi sebagai tempat pemukiman. Lahan-lahan yang seharusnya berfungsi sebagai kawasan penyangga atau mempunyai fungsi konservasi tersebut akan kehilangan fungsi lingkungannya setelah dimanfaatkan untuk kawasan pemukiman, maka tentunya akan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan lingkungan.

Lalu pertanyaannya apakah sehat itu selalu identik dengan harga mahal?

Cara berikut ini mungkin bisa menjadi panduan agar kita tetap mendapatkan makanan yang sehat dengan cara yang murah.

  • Masak di rumah.

Membeli makanan di luar, bagaimana pun, lebih mahal daripada memasak sendiri di rumah.

  • Belanja saat akhir pekan.

Memiliki stok makanan segar di lemari es akan membuat kita lebih termotivasi untuk memasak sendiri ketimbang menghabiskan uang untuk makan di luar.

  • Kurangi makan daging.

Daging selalu menjadi makanan yang paling mahal, namun jangan khawatir kekurangan protein, karena kita masih bisa menyantap kacang-kacangan, telur, dan sebagainya.

  • Pikirkan jangka panjang.

Jangan lupakan efek jangka panjangnya. Pola makan yang buruk bisa berakibat pada penyakit-penyakit berat seperti jantung, diabetes, stroke, kanker, dan sebagainya. Mulailah berinvestasi untuk kehidupan anda yang lebih baik dimasa mendatang.

  • Belanja di pasar.

Umumnya, harga sayur dan buah di pasar lebih murah dibandingkan dengan di supermarket dan biasanya beberapa bisa anda temui dengan keadaan yang masih segar.

  • Belanja sayuran hijau.

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung, dan brokoli adalah sayuran dengan nutrisi yang banyak, tapi harganya cukup terjangkau. Selain itu, hanya butuh waktu sebentar untuk memasak sayuran ini.

Tidak bisa dipungkiri banyak orang beranggapan memperoleh tubuh yang sehat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal menjadikan diri kita sehat dapat dimulai dengan melakukan hal yang sederhana, yaitu menjaga pola hidup sehari-hari dan pola makan yang sehat merupakan kunci utamanya.

Salam Sehat,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *