Blog

MENJAGA SUHU TUBUH IDEAL

by in Life style Januari 24, 2018

Suhu tubuh pada manusia ini ternyata dapat mengalami perubahan, baik kenaikan atau penurunan suhu tubuh dalam satu hari. Secara umum, suhu terendah pada tubuh manusia terjadi pada pagi hari ketika bangun tidur, dengan kondisi cuaca yang juga bersuhu dingin. Ketika Anda beraktivitas, terutama aktivitas di bawah suhu panas, seperti berjalan di bawah terik matahari, maka suhu tubuh Anda kemungkinan akan mengalami peningkatan kurang lebih sebesar 0.6 derajat.

Berapa Suhu Tubuh Normal Orang Sehat?

Selama ini banyak orang menganggap suhu tubuh normal manusia berada pada titik 37 derajat Celcius. Benar, rata-rata suhu tubuh normal manusia memang berada pada kisaran tersebut. Tapi kenyataannya suhu tubuh normal tidak selalu pada titik 37 derajat Celcius. Suhu tubuh yang normal bisa berada di antara 36,5 – 37,5 derajat Celcius.

Berikut ini adalah penyebab demam yang pada umumnya sering terjadi:

  • Pasca imunisasi, misalnya setelah menerima vaksin.
  • Berbagai macam infeksi virus dan bakteri.
  • Infeksi akibat gigitan nyamuk seperti demam berdarah, malaria dan chikungunya.
  • Obat-obatan seperti antihipertensi( obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi) dan antidepresan(obat yang digunakan untuk membantu orang yang mengalami depresi).
  • Berdiri terlalu lama di bawah sinar matahari.
  • Kanker, misalnya leukimia, kanker hati dan kanker paru-paru.

Bila tubuh sampai bersuhu panas, apalagi tergolong tinggi, sejumlah kondisi seperti sulit tidur, iritasi pada mata dan perut, dan gejala tidak menyenangkan lainnya akan Anda rasakan.

Banyak faktor yang mempengaruhi suhu tubuh terutama lingkungan.

Suhu tubuh dapat mengalami pertukaran dengan lingkungan, artinya panas tubuh dapat hilang atau berkurang akibat lingkungan yang lebih dingin. Begitu juga sebaliknya, lingkungan dapat mempengaruhi suhu tubuh manusia. Perpindahan suhu antara manusia dan lingkungan terjadi sebagian besar melalui kulit. Suhu tubuh harus dijaga agar tetap berada pada suhu normal agar seluruh organ tubuh dapat bekerja dengan normal. Jika terjadi perubahan core temperature tubuh maka beberapa fungsi organ tubuh akan terganggu. Sistem metabolisme tubuh secara alami dapat bereakasi untuk menjaga kenormalan suhu tubuh seperti dengan keluarnya keringat,menggigil dan meningkatkan & mengurangi aliran darah pada tubuh. Untuk pengaturan suhu tubuh secara eksternal yaitu faktor suhu udara, kelembaban, kecepatan udara, pakaian, aktivitas fisik, radiasi panas dari berbagai sumber panas dan lamanya waktu terpapar panas.

Menjadikan madu sebagai obat penurun panas, apa bisa?

Kenapa tidak!

Madu adalah cairan kental seperti sirup yang dihasilkan dan diproduksi secara alami oleh lebah. Kandungan madu adalah sebagai obat alami yang mampu menurunkan panas ketika sakit demam. Khasiat madu asli memiliki daya antiseptik, mempunyai kadungan vitamin C yang sangat tinggi, madu asli juga mempunyai kandungan anti radang, dan mencegah pendarahan. Madu pun bekerja langsung dipusat panas. Sekalipun dengan kondisi yang lemas, Anda tidak usah khawatir dengan keadaan tersebut, madu mempunyai kandungan fruktosa dan glukosa sebagai sumber energi alternatif ketika Anda kurang nafsu makan. Madu secara alamiah bisa membangkitkan dan mengembalikan nafsu yang hilang akibat sakit demam dan panas.

ANDARU HONEY

Anjuran konsumsi :

1-2 sendok makan sebelum tidur

1-2 sendok makan pada pagi hari sebelum beraktivitas / bisa juga 2 sendok makan madu murni dicampur dengan air hangat +- 150 cc

Salam Sehat,


About BerkahNature
BerkahNature Distributor Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    MITRA TERDEKAT